Breaking News

Masyarakat tidak Menginginkan Orang Luar Jadi Dirut Bank Aceh

Masyarakat tidak Menginginkan Orang Luar Jadi Dirut Bank Aceh
Ilustrasi suasana pelayanan di Bank Aceh (foto: repro)
A A A

KabarAktual, Banda Aceh – Sebagai media publik, KabarAktual.id tidak menjalankan fungsi informasi satu arah. Seperti dijelaskan sejak awal beroperasinya, media ini menjadi ruang interaktif masyarakat. Karena itu, selain fungsi sebagai penyebar informasi, KabarAktual.id juga menjadi fasilitator untuk menyuarakan aspirasi publik.

Untuk menjembatani kepentingan tersebut, Redaksi menyediakan rubrik khusus yang kami beri nama INFO PUBLIK. Melalui ruangan itu, siapa saja bisa menyampaikan berbagai hal, apakah terkait pelayanan publik, kegiatan gotong royong di meunasah, bahkan aktivitas yang menurut sementara kalangan dianggap sebagai hal yang remeh temeh.

Bentuk komunasi dua arah lainnya adalah penyampaian aspirasi melalui polling atau survei. Kadang kala, karena hambatan tertentu, masyarakat tidak bisa menyampaikan pemikirannya secara langsung kepada pemangku kebijakan. Untuk maksud itulah, Redaksi KabarAktual menyelenggarakan polling untuk suatu segmen permasalahan tertentu.

20230124-polling-bas
Hasil polling sementara (foto: Ist)

Belakangan ada aspirasi yang menurut masyarakat Aceh sangat mendasar sifatnya, yaitu soal Dirut Bank Aceh Syariah (BAS). Karena berbagai dinamika yang berkembang, ada wacana agar pemimpin Bank Aceh “diimpor” dari luar. Persoalan performa kinerja manajemen yang belum berhasil membawa bank ini ke arah lebih maju mendorong wacana mendatangkan Dirut dari luar semakin menguat.

Baca juga: Ikuti Polling Calon Dirut Bank Aceh di Sini

Baca juga: Taqwallah Temui Sekda Bustami Nangis-nangis Minta Jangan Dicopot dari Komisaris Bank Aceh

Pada sisi lain, keinginan yang terkesan primordialistik, yakni mengutamakan “orang dalam” juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Mencermati fenomena ini, KabarAktual.id melakukan polling calon Dirut Bank Aceh.

Polling mulai dilakukan sejak 19 Desember 2022 dengan sasaran pembaca tanpa membedakan usia, jenis kelamin, dan domisili. Dengan demikian, diharapkan, hasil survei ini benar-benar mendekati obyektif dan sesuai dengan kondisi faktual masyarakat.

Hingga tanggal 24 Januari 2023 pukul 22:46, terdapat 314 responden yang berpartisipasi memmberikan hak pilihnya pada polling ini. Dari jumlah itu, sebanyak 163 responden memilih opsi 1, yaitu calon Dirut dari internal Bank Aceh. Sedangkan opsi 2 atau calon dari luar Aceh, dipilih oleh 151 responden.[]

Silaturahmi SMSI

Komentar

Loading...