Breaking News

Terkendala Anggaran Konsumsi, Satpol PP WH Aceh Terpaksa Lepaskan Tahanan

Terkendala Anggaran Konsumsi, Satpol PP WH Aceh Terpaksa Lepaskan Tahanan
Kantor Satpol PP dan WH Aceh (foto: dok Ist)
A A A

KabarAktual, Banda Aceh – Kepala Satpol PP dan WH Aceh melalui Kasubag Humas-nya, Muhammad Nanda Rahmana, mengklarifikasi informasi terkait dilepasnya para tahanan. “Para tersangka untuk sementara kita serahkan ke keluarga masing-masing, dikarenakan Satpol PP mengalami keterbatasan anggaran konsumsi,” ujarnya kepada KabarAktual, Senin (2/1/2023) malam.

Sebelumnya, media ini mendapatkan informasi, bahwa para tersangka pelanggaran syariat Islam yang ditangkap dari sejumlah hotel di Banda Aceh/Aceh Besar itu dilepas karena tidak cukup bukti. “Hasil pemeriksaan tidak cukup bukti. Mereka dinyatakan hanya melanggar Pasal 23 ayat (1) dan itu belum berat,” ujar sumber media ini sebelumnya, Senin (2/1/2023) sore. 

Menurut keterangan Nanda, dia sudah melakukan konfirmasi kepada sejawatnya, Penyidik Satpol PP dan WH Aceh. Dari sana, kata pejabat ini, dia mendapatkan penjelasan bahwa para tersangka sudah diserahkan kepada keluarga masing-masing. “Mereka dikenakan wajib lapor seminggu sekali ke Mako Pol PP WH Aceh,” ujar Nanda.

Baca juga: Oknum Guru Kemenag Aceh Jaya yang Ketangkap di Kamar Hotel Dilepas

Baca juga: Tak Cukup Bukti, Oknum Guru Kemenag yang Ketangkap di Kamar Hotel Dilepas

Kebijakan itu diambil, lanjut Kasubbag Humas, karena instansinya menghadapi kendala anggaran. “Kita serahkan ke keluarga masing-masing dikarenakan keterbatasan anggaran konsumsi, dimana anggaran tersebut untuk 2023 belum bisa dicairkan. Karena belum ada pengesahan DIPA,” kata Nanda.

Sebagai konsekuensi dari kondisi tersebut, kata dia, para tahanan terpaksa dikembalikan ke keluarga masing-masing. “Jadi, mereka kita pulangkan dengan jaminan dari pihak keluarga. Sementara, penyelidikan tetap berjalan sampai nanti kasusnya dilimpahkan ke kejaksaan untuk diproses lebih lanjut,” pungkasnya.

Sumber media ini menyebutkan sebelumnya, dari 5 pasangan bukan suami isteri yang tertangkap basah saat berduaan di kamar hotel, Kamis (29/12/2022) dinihari lalu, tinggal 2 pasangan yang masih berada dalam tahanan. Sedangkan 3 pasang sudah pulang. “Dua lagi juga sedang menunggu dijemput keluarga,” ujar sumber media ini.[]

Silaturahmi SMSI

Komentar

Loading...